Sejarah Perkembangan Game Konsol

Sejarah Perkembangan Game Konsol

Sejarah Perkembangan Game Konsol

Cwave Soft – Hampir tiap orang yang berada di dunia ini tentu pernah bermain game. Game bisa disimpulkan dalam bahasa Indonesia dengan “permainan.” Saat dengar game kemungkinan sebagian orang akan mengingat yang namanya PlayStation atau Nintendo. Beberapa orang telah tidak asing dengan konsol game seperti Nintendo serta PS. Tetapi tidak beberapa orang yang mengetahui bagaimana perubahan konsol game ini. Nyatanya perubahan konsol game diawali semenjak tahun 1972 lho. Ingin tahu bagaimana asal mula perubahan konsol game?

Sejarah Perubahan Konsol Game dari Waktu ke Waktu

1. Generasi Pertama

Generasi Pertama
Generasi Pertama

Video game mulai masuk perubahan di tahun 1966. Beberapa ide yang makin kreatif di dunia game mulai banyak muncul. Sejumlah besar yang membuat juga beberapa mahasiswa yang isi waktu senggang mereka dengan memanfaatkan sarana tehnologi yang berada di universitas mereka semasing.

Pada awalnya ialah konsol game Baer dengan prototype game yang dinamakan Brown Box yang selanjutnya keluar dengan nama Magnavox Odysey pada tahun 1972 bulan Mei. Konsol game ini berisi 16 game built-in serta bisa ditukar dengan memakai switch. Magnavox Odysey tertera jadi perubahan konsol game pertama di dunia dengan penjualan 200.000 unit.

2. Generasi Kedua

Generasi Kedua
Generasi Kedua

Sesudah sukses jual 200.000 unit, pada akhirnya generasi ke-2 dari konsol game juga ada. Generasi ke-2 disebut jadi awal masa 8 bit atau kira-kira 4 bit masa. Di generasi ke-2 ini juga dimana perubahan konsol game pertama-tama memakai media cartridge di tahun 1976 oleh Fairichild VES.

Fairchild VES coba membubuhkan warna yang lebih menarik di dunia konsol game dengan menginovasikan VES atau Video Pertunjukan Sistem. Mesin VES lah yang selanjutnya jadi mesin pertama yang disebutkan dengan “konsol.”

Nah, konsol ini memakai kaset magnetic yang disebutkan dengan cartridge. Serta pada akhirnya ide ini diikuti oleh produsen konsol game lain terhitung Atari, Magnavox, serta RCA. Serta ke-3 perusahaan video game ini mempunyai ide yang sama.

Tetapi, sayangnya pada tahun 1977, konsol game tidak menarik untuk beberapa customer. Fairchild serta RCA pailit serta yang masih bertahan hanya Magnavox serta ATARI. Pada akhirnya Magnavox mengeluarkan Magnavox Odysey Vers. 2 yang nyatanya tidak berhasil serta tidak hit.

Selang beberapa saat Atari menerbitkan konsol baru yakni ATARI 2600 dengan game Ruang Invaders. 1980 beberapa produsen konsol game mulai banyak muncul kembali karena Atari serta ambil ide Atari 2600 jadi ide fundamen. Tetapi sayang di tahun 1983 konsol game harus ambruk serta ikhlas kalah saing dengan game PC yang makin kreatif.

3. Generasi Ketiga

Generasi Ketiga
Generasi Ketiga

Nyatanya keruntuhan konsol game di tahun 1983 tidak menurunkan perusahaan Famicom yang gigih berusaha untuk menghidupkan konsol game kembali ke waktu jayanya. Mereka sukses membuat dobrakan baru. Konsol game asal negeri sakura ini menamai konsolnya yakni Nintendo Pertunjukan Sistem (NES) yang dikeluarkan diakhir tahun 1983.

Untuk kali pertamanya konsol game tampilkan gambar serta animasi resolusi tinggi. Ini tentunya memperoleh sambutan positif di Jepang serta Famicom mulai mengembangkan sayap pemasarannya ke Amerika untuk mengenalkan NES. Serta NES berikut yang mengenalkan kita pada game Super Mario Brothers dengan ciri-khasnya yang fantastis serta tentunya diingat selama hidup.

4. Generasi Keempat

Generasi Keempat
Generasi Keempat

Pada generasi ke empat ini dimana Nintendo mulai mempunyai saingan yakni perusahaan SEGA. Di tahun 1988 Sega meluncurkan konsol mereka yang diketahui dengan Sega Genesis. Sega genesis lebih menyediakan gambar yang lebih tajam serta animasi yang benar-benar halus dibanding dengan kompetitornya, NES. Tetapi, walau bagaimanapun NES tetap memenangkan angka penjualan pada tingkat paling paling atas.

Sesudah tahu hal itu, pada akhirnya dua tahun selanjutnya persisnya pada tahun 1990 Nintendo tidak ingin kalah dengan mengeluarkan SNES (super Nintendo pertunjukan sistem) serta sega mengeluarkan Sonic the Hedgehog pada tahun 1991 yang selanjutnya ada lah ciri-ciri Sonic yang populer dan jadi simbol dari Sega sampai sekarang.

5. Generasi Kelima

Generasi Kelima
Generasi Kelima

Di generasi ke lima ini mulai diperkenalkannya konsol game dengan memakai media CD serta tentunya kompetisi di antara dua perusahaan konsol game, Sega serta Nintendo, makin ketat. Beberapa game dikeluarkan di tahun 1990 sampai tahun 1994. SNES mulai lengkapi konsolnya dengan mengikutkan chip super FX di cartridgenya serta Sega sediakan Sega Virtual Processor. Keduanya mempunyai arah yang sama yakni tingkatkan kualitas grafis game mereka semasing. Pada akhirnya, SNES serta Sega sama-sama berkompetisi dengan keluarkan game-game mereka yang menarik seperti Donky Kong Country (SNES serta Vectroman Sega).

Pada tahun ini, mulai banyak muncul perusahaan konsol game paling baru diantaranya konsol game yang dikeluarkan oleh perusahaan populer yakni Panasonic. Panasonic keluarkan konsol game pertama serta menamakannya Panasonic 3DO. Tetapi sayangnya konsol game ini tidak demikian laku dipasaran serta sangat terpaksa mereka harus hentikan produksinya.

Di generasi ke lima ini munculnya serta awal jayanya PlayStation yang populer sampai sekarang. PS sukses serta memperoleh sambutan yang benar-benar positif dilapisan beberapa gamers, dapat dibuktikan dengan terjualnya beberapa ratus juta unit untuk produknya PS-One. Sony sukses menyapu gelar konsol game paling baik dari Nintendo serta Sega, hingga membuat Nintendo serta Sega harus mengaku jika mereka tertinggal zaman saat itu.

6. Generasi Keenam

Generasi Keenam
Generasi Keenam

Munculnya PlayStation nyatanya tidak lemahkan Nintendo untuk masih bertahan di dunia konsol game. Tetapi, sayangnya kompetitor Nintendo yakni Sega, harus gulung tikar meskipun dia telah coba meluncurkan Sega Dreamcast di tahun 1998 serta gagal. Sony makin kuasai dunia perubahan konsol game saat PlayStation 2 dikenalkan ke dunia.

Nintendo tidak ingin kalah dengan Sony, dia keluarkan GameCube dengan ukuran DVD yang lebih kecil dari umumnya sebesar 8cm. Tetapi, malah ini membuat GameCube tidak memperoleh tanggapan yang demikian positif serta harus senang cuma memperoleh urutan ke-2 sesudah PlayStation.

Pada masa ini juga Nintendo berlomba mengundang perhatian beberapa gamers dengan game handled mereka. Nintendo yang keluarkan Nintendo DS serta diperlengkapi monitor ganda dan feature online serta touch yang lebih sensitive. Begitu halnya Sony yang keluarkan handled gamenya yakni PlayStation Portable (PSP) yang sampai sekarang ada banyak fansnya.

Kembali lagi konsol game makin terkenal serta makin banyak perusahaan yang tertarik untuk memproduksinya. Diantaranya perusahaan Microsoft yang keluarkan Xbox di generasi ke enam ini. Xbox nyatanya kompetitor paling berat untuk Sony. Bagaimana tidak, Xbox dapat mengundang perhatian beberapa konsumennya dengan game “Halo” yang dapat menandingi Sony.

7. Generasi Ketujuh

Generasi Ketujuh
Generasi Ketujuh

Pada generasi ke-7 ini kompetisi makin ketat di antara Nintendo, Sony, serta Microsoft dengan produk mereka semasing; Wii, PS3, serta Xbox360. Xbox360 ada dengan segudang fitur-fitur yang semakin maju dibandingkan dengan kompetitornya lainnya.

Feature spesial dari mulai graifs serta sampai keluarkan game-game yang dapat menggandeng hati beberapa gamers seperti Gears of War dan Xbox Live tidak kalah menariknya dari Xbox360 saat itu. Tidak hanya Xbox360 dikeluarkan, nyatanya Nintendo tidak ingin kalah dengan Nintendo Wii yang tawarkan feature yang tidak kalah istimewanya seperti yang ditawarkan Microsoft.

Nintendo Wii mengenalkan stik kontrol dengan berbasiskan “motion sensitive.” Malah kesempatan ini Sony lah yang perlu ikhlas kalah saing serta menyerah kalah cepat dibanding dengan kompetitor yang lain.

8. Generasi Kedelapan

Generasi Kedelapan
Generasi Kedelapan

Generasi ke-8 ini tiga perusahaan besar konsol game berkompetisi makin ketat serta tawarkan fitur-fitur yang lebih menarik dibanding dengan feature awalnya. Microsoft yang tawarkan Xbox One, Sony yang tawarkan PS4, serta Nintendo tawarkan Nintendo Wii-U. Bukan hanya feature, tetapi game-game yang berada di tiap semasing konsol game ini juga lebih menarik dengan grafis yang benar-benar real dan visual yang lebih halus.

Nah, itu delapan generasi sebagai perubahan konsol game untuk sekarang. Makin kekinian makin hebat konsol game yang akan dibuat. Serta kemungkinan generasi ke-9 akan ada konsol-konsol game yang lebih asyik serta lebih ‘dewa’ kan?

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *